Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia - Guru Santai

Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Latar belakang Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia - Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani. 

Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wilayah yang banyak memiliki bahan rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia). Dalam perkembangannya, mereka berdagang,dan menguasai sumber rempah-rempah di negara penghasil. Dimulailah era kolonialisasi Barat di Indonesia.


Pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka mengklaim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya.

Bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin.

Bangsa Eropa melakukan pemaksaan dan Penguasaan  terhadap penguasa setempat melalui suatu perjanjian yang umumnya menguntungkan bangsa Eropa. Selain itu, mereka selalu turut campur dalam urusan politik suatu daerah.

Bangsa Eropa juga mengadu domba berbagai kelompok masyarakat dan kemudian mendukung salah satunya. Dengan cara ini, mereka dengan mudah dapat mempengaruhi penguasa untuk memberikan hak-hak istimewa dalam berdagang.

Proses kedatangan Bangsa barat ke Indonesia 

Portugal adalah bangsa Eropa pertama yang sampai ke Indonesia. Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pusat perdagangan rempah-rempah , pada tahun 1511 dan kemudian pada tahun 1512 menemukan lokasi Maluku.

Spanyol adalah bangsa berikutnya yang sampai ke Indonesia, Ekspedisi Ferdinand Magellan berangkat pada tahun 1519 dari Spanyol dalam upaya mencari jalur ke Maluku dari arah barat, sebagai alternatif jalur ke arah timur mengitari benua Afrika yang dikuasai Portugal. Magellan tewas di pulau Mactan, Filipina, tapi wakilnya Juan Sebastian Elcano berhasil mencapai Maluku dan akhirnya kembali ke Spanyol.

Belanda sampai di Indonesia ketika ekspedisi pertama Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman sampai di Banten pada tahun 1596. Ekspedisi dilakukan karena pedagang Belanda tidak bisa lagi membeli rempah-rempah dari Portugal.

Inggris sampai di Indonesia yang dipimpin oleh Sir James Lancaster sampai di Banten pada tahun 1602. Lancaster membuka pusat dagang pertama Inggris di Indonesia di Banten.

Baca Juga:
Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel