Jenis Jenis Sumber Sejarah - Guru Santai

Jenis Jenis Sumber Sejarah

 

Materi Sejarah Kelas X SMA/SMK - Sumber Sejarah, Bukti dan Fakta dalan Sejarah


Apa itu Sumber Sejarah? 

Louis Gotschalk membagi sumber sejarah menjadi dua bagian yaitu sumber Primer merupakan kesaksian dari seorang saksi dengan mata dan kepalanya sendiri.Dan Sumber Sekunder merupakan kesaksian dari siapapun yang bukan saksi pandangan mata atau yang tidak melihat secara langsung kejadian tersebut.Sumber sejarah dapat juga diklasifikasikan berdasarkan urutan penyampaiannya, diantaranya:





1)     Sumber Primer, yaitu sumber sejarah yang berasal dari peninggalan asli sejarah. Contohnya candi, prasasti, piagam, dan lainnya.


2)     Sumber Sekunder, yaitu suatu tiruan dari benda aslinya atau sumber pustaka dari para ahli sejarah yang menjelaskan tentang sejarah suatu peradaban. Contoh laporan penelitian, terjemahan kitab-kitab kuno, dan lainnya.


3)     Sumber Tersier, yaitu berbagai buku sejarah yang dibuat berdasarkan laporan berbagai penelitian para ahli tanpa dengan melakukan penelitian langsung.

 

Sementara itu Nugroho Notosusanto membagi sumber sejarah dalam 3 kategori yaitu


1)     Sumber Lisan

Sumber sejarah yang berasal dari lisan adalah keterangan mengenai sejarah yang didapatkan dari pelaku sejarah atau saksi sejarah secara langsung. Contohnya, keterangan dari seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut bertempur.


2)     Sumber Tulisan

Sumber sejarah yang berasal dari berbagai tulisan hasil peninggalan orang-orang di masa lalu. Beberapa contoh sumber sejarah berbentuk tulisan misalnya naskah, surat kabar, dokumen, babad, rekaman, dan lain sebagainya.


3)     Sumber Benda

Sumber sejarah yang berbentuk benda-benda atau artefak peninggalan kebudayaan manusia di masa lalu. Misalnya perhiasan, candi, gerabah, kapak, patung, dan lain sebagainya.

b.     Bukti Sejarah

Merupakan segala peninggalan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di masa lampau yang mungkin saja peninggalan itu masih dipergunakan oleh manusia pada masa kini.Contoh, istana kepresidenan dan teks proklamasi.

c.      Fakta Sejarah

Merupakan data sejarah yang sudah diverifikasi dan diinterpretasikan oleh sejarawan kemudian dijadikan dalil, argumentasi atau dasar pemikiran untuk menulis sejarah.

0 Response to "Jenis Jenis Sumber Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel