Jalur Rempah Indonesia - Guru Santai

Jalur Rempah Indonesia

 

Konsep Dasar Jalur Rempah - Jalur Rempah merupakan suatu peradaban yang sangat tua, kompleks, luas, dan memengaruhi peradaban global. Jejaknya memperlihatkan interaksi budaya pada masa lampau.

Jalur Rempah adalah jalur komoditas rempah yang melintasi banyak area dan berbagai pelabuhan di dunia terutama dari wilayah nusantara barat melintasi Asia, Afrika hingga Eropa.

Jalur rempah di Indonesia mencakup banyak hal. Tidak hanya berdiri di satu titik penghasil rempah, namun juga mencakup berbagai titik yang bisa dijumpai di Indonesia dan membentuk suatu lintasan peradaban yang berkelanjutan.

Jalur Rempah adalah rute nenek moyang kita menjalin hubungan antarpulau, suku, bangsa, dengan membawa rempah sebagai nilai untuk membangun persahabatan yang membentuk asimilasi budaya dan diplomasi di setiap pesinggahan

Asimilasi budaya dan keterhubungan antarbangsa di Indonesia tidak terjadi begitu saja. Di masa lampau, kehadiran para pedagang antarbangsa memiliki peranan penting terhadap perkembangan budaya yang masih bisa kita lihat dan rasakan jejaknya. Hal ini disebabkan oleh komoditi rempah yang berasal dari berbagai kepulauan di Nusantara yang terlibat dalam lalu lintas perdagangan di masa lampau, sehingga menjadi salah satu jalur budaya.

Hubungan budaya antarmanusia ini meninggalkan warisan dan serangkaian jejak yang masih hidup hingga hari ini. Warisan tersebut antara lain: 

  1. kisah asal usul, nyanyian, 
  2. musik, 
  3. tarian, 
  4. teknologi tradisional, 
  5. arsitektur bangunan, 
  6. fesyen, 
  7. kuliner, 
  8. ramuan, 
  9. aksara, 
  10. bahasa, 
  11. hingga kepercayaan. 
Sebuah peninggalan nilai budaya yang menjadi memori kolektif bangsa sebagai bukti dan jejak dari Jalur Rempah.

Jalur Rempah berupaya menumbuhkan kebanggaan akan jati diri berbagai wilayah di Indonesia, memperkuat jejaring interaksi budaya antardaerah, dan memperteguh ikatan ke-Indonesiaan melalui jalur budaya bahari yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Tujuan Program Jalur rempah

  • Membuktikan dan mendapat pengakuan dari negara-negara yang disinggahi para pedagang rempah dari kerajaan-kerajaan nusantara pada zaman dahulu,
  • Untuk mendapatkan pengakuan tentang tuanya Jalur Rempah Indonesia dari UNESCO 

Dalam perjalanan sejarah, Indonesia berperan penting dalam perekonomian dunia karena posisi yang strategis sebagai jalur maritim dunia. Indonesia sebagai pintu gerbang penghubung dua benua dan dua samudra yakni benua Asia - Australia dan samudra hindia - samudra pasifik

Indonesia di Asia Timur memiliki posisi strategis karena menghubungkan Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah hingga Eropa. Asia Tenggara merupakan sumber komoditas yang paling dicari dan paling berharga yaitu rempah-rempah.

Rempah-rempah yang menjadi komoditas utama adalah 

  1. cengkeh, 
  2. pala, 
  3. bunga pala. 
Rempah-rempah tersebut mendorong perkembangan perdagangan internasional di Asia Tenggara.

Dengan cara pandang ini, Jalur Rempah membuka kembali persepsi masyarakat di daerah dan dunia internasional terkait peran Indonesia sebagai poros maritim dunia di masa lalu, masa kini, dan masa depan.


Baca Juga

Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.



0 Response to "Jalur Rempah Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel