Interaksi Manusia dengan Lingkungan - Guru Santai

Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Interaksi manusia dan lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai hubungan antara sistem sosial manusia (yaitu manusia) dan ekosistem lainnya (yaitu lingkungan alam). 

Manusia perlu berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan makanan, air, bahan bakar dan tempat tinggal.

Hal ini mengacu pada bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan bagaimana lingkungan merespon interaksi tersebut (misalnya menebang pohon).

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan telah membantu manusia untuk mengeksploitasi lingkungan, sehingga mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Manusia harus sadar akan dampak lingkungan yang akan ditimbulkan interaksi mereka terhadap lingkungan. Masalah yang ditimbulkan manusia dapat mempengaruhi aktivitas manusia, seperti kesehatan manusia atau perkembangan sosial ekonomi.


Karakteristik hubungan manusia dengan lingkungan 

Karakteristik hubungan tersebut berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya, atau satu masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Pada daerah yang masyarakatnya memiliki tingkat peradaan yang telah maju, manusia cenderung dominan sehingga kingkungannya telah banyak berubah dari lingkungan alam menjadi lingkungan binaan hasil karya manusia.

Interaksi manusia dan lingkungan hidup bermanfaat bagi manusia. Tidak ada spesies lain di bumi yang berinteraksi dengan lingkungan seperti manusia. Cara manusia beradaptasi dengan bumi telah memungkinkan mereka untuk berkuasa atas lingkungan dan ekosistem terkait.

Interaksi manusia dan lingkungan hidup dapat dikategorikan menjadi tiga jenis:

1. Ketergantungan pada Lingkungan

Untuk mendapatkan sumber daya penting, manusia bergantung pada lingkungan untuk kelangsungan hidup (misalnya udara, air, makanan, tempat tinggal). Manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa suatu bentuk interaksi dengan lingkungan.

2. Modifikasi Lingkungan

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia memodifikasi lingkungan untuk memenuhi tujuan dan kebutuhannya sendiri. Aktivitas manusia dapat berdampak pada lingkungan baik secara positif maupun negatif.

Segala sesuatu yang dilakukan manusia membutuhkan sumber daya yang disediakan oleh alam untuk hal-hal, seperti energi.

Manusia telah memodifikasi lingkungan fisik dengan membuka lahan untuk pertanian atau membangun bendungan dan terus mengubah lingkungan melalui industrialisasi dan pembangunan rumah.

3. Adaptasi dengan Lingkungan

Manusia dapat berubah dan beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan untuk kelangsungan hidup dan memenuhi kebutuhannya. 

Manusia telah menetap dan beradaptasi dengan pengaturan alam di seluruh dunia (misalnya Arktik) dan menciptakan sistem canggih (misalnya pemanasan) untuk membantu mereka bertahan hidup dan berkembang.


Bentuk - bentuk interaksi manusia dengan lingkungan

1.Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam 

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alami. Sehingga tanpa bantuan dan campur tangan dari manusia. 

Lingkungan alam terdiri dari dua jenis, yaitu Lingkungan biotik dan Lingkungan abiotik

2. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial 

Dalam KBBI, lingkungan sosial itu berhubungan dengan kekuatan masyarakat serta berbagai sistem norma di sekitar individu atau kelompok manusia. Kemudian memengaruhi tingkah laku mereka dan interaksi antara mereka. 

Interaksi manusia dengan lingkungan terbagi menjadi beberapa bentuk, yaiitu: 

  • Interaksi antara individu dengan individu
  • Interkasi antara individu dengan kelompok
  • Interaksi antara kelompok dengan kelompok

3. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita harus beradaptasi dengan berbagai aturan, norma, nilai, dan adat istiadat. 

Di Indonesia sendiri setiap daerah hampir memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, seseorang harus pintar untuk melakukan adaptasi. 

4. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Ekonomi 

Lingkungan ekonomi itu berhubungan dengan faktor ekonomi, seperti kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi. 

Setiap hari semua manusia akan melakukan salah satu kegiatan ekonomi tersebut. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. 


Demikian informasi yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Interaksi Manusia dengan Lingkungan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel