Definisi Lingkungan Hidup - Guru Santai

Definisi Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup - Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang antara makhluk hidup dan komponen abiotik lainnya. Interaksi antar lingkungan alamiah dan sekitarnya membentuk sistem ekologi (ekosistem). Lingkungan memegang peranan sebagai habitat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi.


Komponen-komponen lingkungan hidup terdiri dari dua jenis, yaitu:

Komponen biotik, makhluk hidup yang meliputi hewan, tumbuhan, dan manusia.

Komponen abiotik adalah benda-benda tak hidup, antara lain air, tanah, batu, udara, cahaya matahari bahan kimia, suhu, gravitasi, atmosfer dan lainnya

Semua komponen yang berada di dalam lingkungan hidup merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan membentuk sistem kehidupan yang disebut ekosistem.

Jenis Lingkungan

Para ahli mengadakan pengelompokan lingkungan ini atas beberapa macam, secara garis besarnya lingkungan hidup manusia itu dapat digolongkan atas 3 (tiga) jenis golongan:

a. Lingkungan fisik (physical environment)

Lingkungan fisik adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berbentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, sinar matahari dan lain lain yang semacamnya.

b. Lingkungan biologis (biolocal environment)

Lingkungan biologis adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang berupa organisme hidup lainnya selain dari manusia sendiri, binatang, tumbuh-tumbuhan, jasad renik(plankton) dan lainlain.

c. Lingkungan sosial (social environment)

Lingkungan sosial adalah manusia lain yang berada disekitarnya seperti tetangga, teman dan lain-lain.

Pentingnya Lingkungan

Lingkungan memainkan peran penting dalam hidup sehat dan keberadaan kehidupan di planet bumi. Bumi adalah rumah bagi berbagai spesies makhluk hidup dan kita semua bergantung pada lingkungan untuk makanan, udara, air, dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan kita.

Faktor yang mempengaruhi lingkungan hidup

Kerusakan lingkungan hidup karena faktor alam terjadi karena adanya bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan gunung meletus.

Selain faktor alam, faktor manusia juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan hidup. Seperti membuang sampah sembarang, limbah industri, polusi udara, perburuan liar, menebang hutan, penambangan liar dan lain sebagainya




0 Response to "Definisi Lingkungan Hidup "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel