Modul Ajar/RPP Jenjang SD Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Modul Ajar/RPP Jenjang SD Kurikulum Merdeka

Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 - Kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya.

Capaian pembelajran untuk siswa tingkat SD MI SDLB dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 disusun sesuai fase usia  tergolong kedalam 3 fase yaitu

  1. Fase A untuk Siswa Kelas 1 dan Kelas 2
  2. Fase B untuk Siswa Kelas 3 dan Kelas 4
  3. Fase C untuk Siswa Kelas 5 dan Kelas 6

Kegiatan pembelajaram dalam paradigma baru memberikan keleluasaan kepada siswa dalam rancangan pembelajaran serta asesmen sesuai karakteristik serta kebutuhan siswa. pada kurikulum merdeka ini Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah sistem pendidikan Indonesia. 


Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
  • Berkebinekaan Global
  • Bergotong Royong
  • Mandiri
  • Bernalar Kritis
  • Kreatif

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran serta bentuk lainnya.

Dengan demikian, perangkat ajar yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas antara lain adalah buku teks, modul ajar, maupun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penyusunan Perangkat Ajar

1. Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran

Beberapa CP disediakan pemerintah untuk digunakan sekolah. Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari

2. Pengembangan Modul Ajar

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seperti halnya  RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Perangkat ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.

Unduh ATP / Modul Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Untuk Membantu Bapak / Ibu Guru dalam menyususn Administrasi Pembelajaran / Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka, pada kesempatan yang baik ini Guru Santai akan membagikan Alur dan Tujuan Pembelajaran / ATP dan Modul Pembelajaran / RPP jenjang SD pada Kurikulum Merdeka. Klik tautan berikut untuk mengunduhnya.

Demikian informasi tentang ATP dan Modul Ajara Kurikulum Merdeka Jenjang SD yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.




0 Response to "Modul Ajar/RPP Jenjang SD Kurikulum Merdeka "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel