Modul Ajar Mapel Sejarah SMK Kurikulum Merdeka - Guru Santai

Modul Ajar Mapel Sejarah SMK Kurikulum Merdeka

Download RPP/Modul Ajar Sejarah SMA/SMK Lengkap Semester 1 dan 2 kelas X - Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Pada dasarnya, perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka tidaklah jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni menggunakan Silabus, RPP, dan lain sebagainya. Namun ada tambahan unsur kebaruan yaitu dalam hal alat pembelajaran yang menghadirkan sentuhan teknologi termutakhir.
Dengan demikian, perangkat ajar yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas antara lain adalah buku teks, modul ajar, maupun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari :
1. Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran
2. Pengembangan Modul Ajar


Modul ajar kurikulum merdeka memiliki sistematika penulisan berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Tujuan penulisan modul ajar adalah untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya.

Secara umum modul ajar memiliki komponen sebagai berikut:

Komponen informasi umum terdiri atas:

  1. ‌Identitas penulis modul
  2. ‌Kompetensi awal
  3. ‌Profil Pelajar Pancasila
  4. ‌Sarana dan prasarana
  5. ‌Target peserta didik
  6. ‌Model pembelajaran yang digunakan


Komponen inti modul ajar sebagai berikut:

  1. ‌Tujuan pembelajaran
  2. ‌Asesmen
  3. ‌Pemahaman bermakna
  4. ‌Pertanyaan pemantik
  5. ‌Kegiatan pembelajaran
  6. ‌Refleksi peserta didik dan pendidik


Lampiran

  1. ‌Lembar kerja peserta didik
  2. ‌Pengayaan dan remedial
  3. ‌Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
  4. ‌Glossarium
  5. ‌Daftar pustaka

Unduh Modul Ajar Sejarah SMA/SMK lengkap Semester 1 dan 2

Untuk Membantu Bapak / Ibu Guru dalam menyususn Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Sejarah SMA/SMK , pada kesempatan yang baik ini Guru Santai akan membagikan Alur dan Tujuan Pembelajaran / ATP dan Modul Pembelajaran / RPP pada Kurikulum Merdeka. Klik tautan berikut untuk mengunduhnya.

Demikian informasi tentang ATP dan Modul Ajara Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Sejarah SMA/SMK yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Modul Ajar Mapel Sejarah SMK Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel