Latihan Soal AKM Beserta Pembahasan - Guru Santai

Latihan Soal AKM Beserta Pembahasan

Contoh soal AKM - Pengertian AKM adalah singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum. Asesmen ini merupakan Ujian Asesmen Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN). Soal AKM harus diketahui setiap siswa yang akan mengikuti asesmen. Agar lebih memahami, kamu bisa belajar di sini

Soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdiri dari dua bagian, yaitu asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).
Literasi membaca ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dihargai oleh individu. Pembaca dapat membangun makna dari teks dalam berbagai bentuk.
Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi juga mencakup kemampuan untuk menerjemahkan informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.
Bentuk-bentuk soal AKM sendiri berupa pilihan ganda, menjodohkan, esai atau uraian, pilihan ganda kompleks dan isian atau jawaban singkat. siswa dan guru harus lebih menyiapkan diri. Berikut ini merupakan 5 bentuk soal AKM.

  1. Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal. pilihan ganda terdiri atas pokok soal dengan beberapa pilihan jawaban dan terdapat satu jawaban yang benar.
  2. Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal. Untuk pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok soal dengan beberapa pernyataan (minimal 3).
  3. Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
  4. Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. Sementara untuk soal yang jawabannya singkat, jawaban dapat berupa frasa, kata, angka, atau simbol.
  5. Uraian/essay: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya. soal essay adalah soal yang menuntut peserta didik untuk mengingat dan mengemukakan atau mengekspresikan gagasan- gagasan dalam bentuk uraian tertulis.

Berikut beberapa contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Soal AKM Pilihan Ganda

Contoh soal AKM Numerasi


Sampah anorganik lebih lama terurai dibandingkan dengan sampah organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?
100 tahun
250 tahun
375 tahun
475 tahun
575 tahun
Jawaban yang tepat adalah D.
Perhatikan data pada diagram batang di atas!
- Waktu dekomposisi sampah plastik adalah 400 tahun. Jika diketahui waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, maka waktu dekomposisi popok akan lebih dari 400 tahun.
- Waktu dekomposisi sampah kulit sintetis adalah 500 tahun. Jika diketahui waktu dekomposisi popok sekali pakai kurang dari kulit sintetis, maka waktu dekomposisi popok akan kurang dari 500 tahun.
Jadi, waktu dekomposisi popok berkisar antara 400 tahun sampai 500 tahun. 
Perhatikan pilihan jawaban di atas. Nilai yang berkisar di interval 400 dan 500 adalah pilihan D, yaitu 475 tahun.

Contoh Soal AKM Essay

Contoh soal AKM literasi


"Wah kebetulan sekali ada tanah di sini, cocok sekaliu," katanya.
Tak lama kemudian si gadis kecil menekan dan meramas-remas si Tanah Liat menjadi bentuk yang diinginkan. Bagi si Tanah, jari-jari si gadis itu seperti sentuhan lembut yang sangat menyenangkan.
Si gadis terus bekerja sambil berpikir. Tangannya bergerak membentuk sesuatu. Si Tanah merasakan tangan halus gadis itu membentuknya menjadi sebuah benda bundar dengan kosong di tengahnya. Dengan sejumput tanah liat, dibentuknya pegangan untuk tangan.
"Ibu, ibu," panggil si gadis kecil, "Aku membuat cangkir!"
"Bagus sekali!" ujar ibunya. "Simpan saja di dalam rak, nanti kita bakar di dalam tungku. Kau dapat mengecatnya dengan warna kesukaanmu."
Tak lama kemudian si cangkir itu telah siap dibawa kerumahnya yang baru. Sekarang dia tinggal di rak dapur, berdekatan dengan cangkir-cangkir lainnya, piring, serta peratan dapur. Mereka tampak berbeda satu dari lainnya. Beberapa cangkir itu ada yang sangat indah.
Si gadis kecil adalah orang yang sangat penting dalam cerita ini. Jelaskan mengapa dia penting di dalam semua kejadian cerita itu?
Jawaban:
Cerita di atas mengisahkan tanah liat yang sudah lama tidak tersentuh oleh siapa pun. Tanah liat tersebut ingin agar dirinya menjadi sesuatu yang berguna. Gadis kecil dalam cerita di atas merupakan orang yang sangat penting dalam cerita tersebut karena ia berhasil membuat tanah liat menjadi sebuah barang yang berguna sesuai harapan si tanah liat itu.

Contoh Soal AKM Jawaban Singkat

Pada toko beras tersebut, jenis beras yang paling banyak terjual adalah ….

Jawaban: Beras Rojolele

Pembahasan:
Berdasarkan diagram batang di atas, diperoleh hasil sebagai berikut.
Beras IR46 yang terjual adalah 180 kg.
Beras IR42 yang terjual adalah 80 kg.
Beras Rojolele yang terjual adalah 650 kg.
Beras Pandan Wangi yang terjual adalah 380 kg.
Beras merah yang terjual adalah 70 kg. 

Dengan demikian, jenis beras yang paling banyak terjual adalah beras Rojolele sebanyak 650 kg.


Demikian informasi tentang Contoh Latihan Soal AKM yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Response to "Latihan Soal AKM Beserta Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel