Kondisi Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan - Guru Santai

Kondisi Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan


KONDISI BANGSA INDONESIA PADA MASA AWAL KEMERDEKAAN


  1. Di periode-periode awal kemerdekaan, Indonesia mengalami sebuah masa transisi politik yang begitu luar biasa. Seperti yang diketahui, berpindah dari status Negara yang terjajah jadi Negara yang merdeka.
  2. Secara politik, keadaan Indonesia di awal kemerdekaan belum mapan, terjadi ketegangan, kekacauan dan berbagai insiden. Sebab ada pihak asing yang tidak ingin Indonesia merdeka. Rakyat Indonesia masih bentrok dengan sisa-sisa kekuatan Jepang yang beralasan diminta Sekutu tetap menjaga Indonesia dalam keadaan status quo. Indonesia juga menghadapi tentara Inggris atas nama Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) atas nama Belanda yang datang kembali ke Indonesia dengan membonceng Sekutu.
  3. Kondisi politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan masih belum stabil, banyak peristiwa yang terjadi yang membawa perubahan perubahan dan mempengaruhi perkembangan negara pada masa awal kemerdekaan. Ketidakstabilan politik dipengaruhi oleh factor internal dan Faktor eksternal
  4. Pada masa awal kemerdekaan terjadi perubahan system pemerintahan dari Sistem presidensial menjadi system Parlementer.
  5. Kondisi politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan dapat dikategorikan pada periode sebagai berikut: 18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949.Terjadinya penyimpangan pada UUD 1945 untuk sistem pemerintahan dari Presidentil jadi Parlementer. Stabilitas politik di periode ini jadi bermasalah karena belum terdapat konstitusi yang mengikat.    27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950 Terdapat pernyimpangan dalam bentuk Negara kesatuan jadi Negara serikat. Akan tetapi hal tersebut tidak berjalan dengan lama karena para pemimpin Indonesia kala itu menyadari kesalahan yang terjadi. Hingga kemudian pada akhirnya Indonesia kembali menjadi Negara berbentuk kesatuan. Akan tetapi keadaan Negara masih cukup labil.
  6. Pada masa awal kemerdekaan, tingkat perekonomian Indonesia berada pada titik terendah karena peredaran mata uang yang tidak terkendali (hyperinflasi), adanya blockade ekonomi oleh Belanda dan kosongnya kas negara
  7. Keadaan ekonomi Indonesia pada akhir kekuasaan Jepang dan pada awal berdirinya Republik Indonesia sangat kacau dan sulit. Negara yang baru saja didirikan harus mewarisi kekacauan perekonomian yang teramat parah. Pemerintahan yang baru saja terbentuk belum didukung pejabat yang ahli dalam menangani masalah perekonomian.
  8. Meskipun kondisi perekonomian Indonesia tidak stabil , pemerintah Indonesia telah berupaya dengan mengambil beberapa langkah dan kebijakan dalam mengatasi masalah ekonomi dan menata perekonomian pada awal kemerdekaaan Indonesia.

Demikian informasi tentang kondisi awal indonesia pada masa awal kemerdekaan yang bisa Guru Santai bagikan, jangan lupa Follow agar dapat informasi terbaru seputar Dunia Pendidikan. Semoga informasi diatas bermanfaat



 

0 Response to "Kondisi Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel