keterkaitan manusia hidup di masa lalu untuk masa kini - Guru Santai

keterkaitan manusia hidup di masa lalu untuk masa kini

keterkaitan sejarah manusia masa lalu untuk masa kini - Manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang erat, dalam hal ini tanpa sejarah maka keberadaan manusia sebagai makhluk hidup patut dipertanyakan sebaliknya sejarah pun menjadi hampa tanpa manusia.

Pada dasarnya sejarah merupakan kejadian-kejadian hasil perbuatan manusia yang dalam kajian sejarah terdapat tiga unsur utama yaitu manusia, ruang, dan waktu. Tiga unsur utama ini saling terkait dan berinteraksi secara kronologis dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu peristiwa bersejarah.

Manusia merupakan unsur yang berperan penting di dalam peristiwa sejarah. Manusia adalah aktor utama yang sangat menentukan suatu peristiwa sejarah.

Ruang atau tempat adalah unsur penting yang harus ada karena proses interaksi kisah sejarah manusia terjadi dalam ruang atau tempat.

Sedangkan waktu bagai garis lurus yang menciptakan urutan kejadian atau peristiwa. Sebuah garis waktu yang berurutan sejak masa lalu, masakini, dan masa yang akan datang yang merupakan perjalanan waktu berbagai peristiwa sejarah terjadi.

Perjalanan kehidupan manusia sebagai pelaku dalam sejarah melewati waktu kehidupan yang terus berjalan seiring mengalami perubahan dan berkelanjutan. Dalam perjalanan kehidupan manusia pada masa kini tidak pernah lepas dari perjalanan hidup dimasa lalu. Hal ini juga berlaku bagi perjalanan hidup dari sebuah bangsa atau negara.

 

Peta Konsep

 

  CONTOH

dulu kita di bangku sekolah dasar belajar tentang bahasa inggris . dan sampai sekarang itu masih berlaku dan masih berguna untuk kita kedepanya

kesalahan yang terjadi di masa lalu akan jadi pelajaran bagi kita di masa kini ataupun mendatang

menjadi bahan evaluasi dalam mengerjakan sesuatu dan menjadi pembelajaran kita agar tidak mengulangi

kita dapat menceritakan pada anak cucu kita ataupun orang lain tentang kita di masa lalu yang sekiranya bisa jadi motivasi bagi mereka


0 Response to "keterkaitan manusia hidup di masa lalu untuk masa kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel