Keterkaitan manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan - Guru Santai

Keterkaitan manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

Pengertian Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah - Menurut kamus bahasa Indonesia perubahan dapat di artikan sebagai keadaan yang berubah. Jadi bisa kita definisi kan bahwa perubahan adalah peralihan keadaan yang sebelumnya, perubahan tersebut tidak hanya berupa keadaan saja melainkan bisa berupa perubahan pola pikir, dan perilaku suatu masyarakat.




Jenis perubahan
  1. Perkembangan kehidupan masyarakat ada yang berlangsung lambat (evolusi) dan ada yang berlangsung cepat (revolusi). Perubahan yang lambat, contohnya adalah perubahan masyarakat di Pulau Jawa dari masyarakat pedesaan menjadi masyarakat perkotaan. Sedangkan perubahan yang cepat, contohnya adalah Revolusi perancis di tahun 1489 yang secara singkat mengubah Perancis dari bentuk monarki menjadi bentuk republik. 
  2. Arah perubahan dibedakan atas keadaan yang lebih baik (progres) dan keadaan yang lebih buruk (regres). Perubahan yang lebih baik contohnya modernisasi di Benua Eropa di abad ke-18. Perubahan yang lebih buruk contohnya krisis ekonomi Indonesia di tahun 1998-1999 yang mengubah ekonomi Indonesia menjadi lebih buruk. 
Faktor perubahan
1. Faktor Internal perubahan antara lain : 
  1. Perubahan penduduk. 
  2. Penemuan baru 
  3. Konflik dalam masyarakat 
  4. Pemberontakan 
2. Faktor Eksternal perubahan antara lain: 
  1. Faktor alam yang ada di sekitar masyarakat yang berubah. 
  2. Peperangan. 
  3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain.


Keberlanjutan dalam Peristiwa Sejarah

 
Pengertian Keberlanjutan merupakan rangkaian peristiwa sejarah yang saling berkelanjutan. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. Kehidupan manusia merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, saat ini dan masa yang akan datang. 

Menurut Kuntowijoyo sehubungan dengan konsep keberlanjutan dan waktu dalam Sejarah antara lain meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan, dan perubahan. 
  1. Perkembangan Perkembangan terjadi apabila dalam kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks. 
  2. Keberlanjutan/kesinambungan Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya mengadopsi lembaga-lembaga lama. Misalnya pada masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial Belanda mengadopsi kebiasaan lama, antara lain dalam menarik upeti raja taklukan, Belanda meniru raja-raja pribumi.
  3. Pengulangan Pengulangan merupakan suatu fenomena dimana suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau terjadi pada masa berikutnya. Contohnya; peristiwa mundurnya Presiden Soekarno akibat demo mahasiswa Indonesia tahun 1966. Demikian juga yang terjadi pada peristiwa mundurnya Presiden Soeharto akibat aksi dan demo mahasiswa.

Penerapan Konsep Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah 

Masa lalu merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Namun masa lalu bukanlah suatu masa yang terhenti dan tertutup. Masa lalu bersifat terbuka dan berkesinambungan sehingga dalam sejarah, masa lalu manusia bukan demi masa lalu itu sendiri. Segala hal yang terjadi di masa lalu dapat dijadikan acuan untuk bertindak di masa kini dan untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. 

0 Response to "Keterkaitan manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel