Kehidupan Manusia Dalam Ruang dan Waktu - Guru Santai

Kehidupan Manusia Dalam Ruang dan Waktu

Keterkaitan Kehidupan Manusia dalam Ruang dan Waktu dalan Sejarah
 

1. MANUSIA

Manusia sebagai Objek dan Subjek sejarah. Manusia sebagai subjek adalah dimana manusia sebagai pelaku atau tokoh utama pencipta sejarah. Manusia sebagai subjek sejarah ialah manusia menulis atau menceritakan kembali sejarah atau sejarah ada karena menceritakan kembali aktivitas manusia pada masa lampau

manusia dan sejarah memiliki suatu keterkaitan yang erat. tanpa sejarah, eksistensi manusia sebagai makhlik hidup yang berpikir dan beraktifitas perlu dipertanyakan. begitu juga sebaliknya tanpa manusia sejarah tidak akan pernah ada. sejarah tidak pernah ada pabila manusia sendiri itu tidak ada.



 Baca juga:


2. KONSEP RUANG

Tempat keberadaan kalian saat ini dinamakan ruang, jika kalian berada di sekolah berarti kalian berada di ruang sekolah, jika kamu berada di kelas, berarti kamu sedang ada di ruang kelas. ruang tidak bisa dipisahkan oleh tempat, area, kawasan, dan keberadaan. dalam sejarah, konsep ruang berkaitan dengan aspek geografis atau tempat terjadinya peristiwa. keberadaan unsur ruang akan mempermudah pemahaman tentang suatu peristiwa.

Jadi konsep ruang dapat diartikan sebagai tempat terjadinya peristiwa

 

3. KONSEP WAKTU

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, waktu merupakan seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, dan keadaan berada atau berlangsung. konsep waktu dalam sejarah erat kaitannya dengan peristiwa masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

Secara denotatif waktu dapat diartikan sebagai satu kesatuan, seperti detik, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad.

Jadi konsep waktu dapat di artikan sebagai waktu terjadinya peristiwa

 

AKTIVITAS MANUSIA DALAM RUANG DAN WAKTU

Bila dikaitkan dengan sejarah, aspek manusia, waktu, dan ruang menjadi sangat penting. Dalam sejarah, manusia adalah pelaku peristiwa sejarah, ruang merupakan tempat terjadinya berbaga  peristiwa sejarah, sedangkan waktu merupakan kapan peristiwa tersebut terjadi.


0 Response to "Kehidupan Manusia Dalam Ruang dan Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel